Cara Cerdas Menggunakan Waktu (Bagian 3)

  1. Ini cara untuk merencanakan hari Anda, baik itu di pagi hari atau di malam hari sebelumnya. (1) di selembar kertas tuliskan jadwal pertemuan yang sudah ditulis di kalender saku Anda; (2) lihat daftar di buku catatan Anda,dan daftar tugas penting yang harus dikerjakan hari ini; (3) tambahkan ± 15menit untuk istirahat demi menyeimbangkan hidup Anda.
  2. Belajarlah berbicara dan menulis secara jelas dan padat. Baca buku, ikut kursus, dan sampaikan pendapat Anda sesederhana mungkin. Jika seseorang meminta Anda 1000 kata, jangan memberi dia 1200 kata. Jika Anda diminta untuk berbicara 30 menit, jangan berbicara 40 menit. Terlalu banyak kata dapat membuang waktu Anda dan orang lain sia-sia.
  3. Apakah daftar ”LIST TO DO” harian Anda dipenuhi dengan banyak sekali pekerjaan yang harus diselesaikan? Jangan ragu untuk menentukan prioritasnya. Pilih maksimal 3 tugas penting yang memungkinkan untuk Anda kerjakan setiap harinya. Ingat seorang manajer yang sangat efektif hanya memilih 3 tugas yang menjadi prioritas utama setiap harinya. Ketika mereka selalu biasa menyelesaikan setiap tugas yang ada dalam daftar ”LIST TO DO” harian mereka, semangat mereka akan semakin bertambah.
  4. Apakah Anda pernah berpikir untuk menulis daftar pekerjaan yang tidak harus dilakukan? Daftar ini meliputi pekerjaan yang dapat Anda delegasikan kepada orang lain, tugas / pekerjaan yang dilakukan hanya untuk menyenangkan orang lain, dan pekerjaan yang hasilnya sangat sedikit atau tidak berarti. Untuk mengetahui apakah suatu tugas / pekerjaan itu penting atau tidak, tanyakan pada diri sendiri, ”Apa akibat terburuk jika saya tidak melakukan pekerjaan itu?” jika jawabannya ”tidak ada” atau ”tidak banyak”, maka jangan lakukan pekerjaan itu.
  5. Ketika berbicara dengan seorang teman atau kolega, apakah Anda pernah berpikir, ”Apa lagi ya, yang perlu saya bicarakan dengan dia?” Jika memang Anda berencana mengontak orang secara berkala, buatlah daftar topic bahasan yang perlu dibicarakan dengan orang tersebut dalam buku catatan. Ketika saat ini Anda memikirkan sesuatu yang perlu dibicarakan dengan diam tuliskanlah dalam buku catatan Anda, jangan hanya menyimpannya di kepala.
  6. Apakah Anda merasa memiliki terlalu banyak tugas untuk dikerjakan? Setiap tugas kelihatan seperti sangat mendesak untuk dilakukan? Dan Anda tidak tahu darimana memulainya? Untuk mengatasinya, pilih pekerjaan yang memberikan banyak kepuasan bagi diri Anda. Pertimbangkan antara tugas satu dengan dengan tugas lain dan tanyakan pada diri sendiri, ”Apa yang saya rasakan di penghujung hari setelah menyelesaikan tugas ini?
  7. Apakah Anda pernah mencoba sesuatu yang baru (hobi, olahraga atau pelajaran) tetapi kemudian segera mengabaikannya karena Anda tidak punya banyak waktu lagi? Sebelum memulai suatu hobi atau sesuatu yang baru, cobalah untuk mengeliminasi satu hobi atau sesuatu yang lama, mungkin sesuatu yang tidak Anda sukai. Akan lebih baik jika Anda dapat mengurangi 2 macam hobi.
  8. Jika Anda membeli perlengkapan rumah dan kantor secara borongan atau dalam jumlah yang banyak, maka Anda akan dapat menghemat uang dan waktu belanja. Bahkan tidak jarang jika Anda membeli dalam jumlah tertentu, Anda akan mencapat hadiah atau diskon.
  9. Hal terburuk dari menunda-nunda pekerjaan adalah pekerjaan tersebut akan terus membesar dan semakin menumpuk, apalagi jika Anda terus-menerus malas mengerjakannya. Oleh karena itu, banyak orang akan berkata pada Anda, ”Mengapa lambat sekali, ini bukan pekerjaan yang membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikannya.” karena itu, hindari menunda-nunda pekerjaan, sekalipun pekerjaan itu kelihatan kecil dan remeh.
  10. Cobalah sisihkan waktu untuk membaca puisi. Puisi-puisi yang bagus dapat menumbuhkan keberanian, semangat, dan memperkaya jiwa.

Bersambung ke Cara Cerdas Menggunakan Waktu (Bagian 4)

Baca Juga Cara Cerdas Menggunakan Waktu (Bagian 2)

M. Arief Maulana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: