Cara Cerdas Menggunakan Waktu (Bagian 4)

  1. Jangan berkeringat hanya karena Anda melakukan hal-hal kecil. Jika Anda menggunakan waktu hanya untuk melakukan hal-hal remeh, Anda tidak akan pernah menyelesaikan apa pun. Pilih tugas atau pekerjaan besar dengan hasil besar. Simpan energi dan waktu Anda untuk melakukan sesuatu yang penting.
  2. Rasa bersalah adalah musuh besar dalam menghemat waktu. Jangan menyia-nyiakan waktu dengan terus menerus menyalahkan diri sendiri. Apa yang telah terjadi biarlah terjadi. Camkan bahwa yang penting bukan pada kesalahan Anda tetapi bagaimana Anda bias belajar dari kesalahan tersebut dan bagaimana Anda bisa bangkit dari keterpurukan.
  3. Apakah Anda meluangkan cukup waktu untuk mempelajari kesalahan kesalahan Anda? Setelah melakukan beberapa aktivitas penting, buatlah beberapa catatan. Pertama, daftar apa saja yang telah Anda lakukan dengan baik. Kedua, catat bagian mana yang harus Anda lakukan secara berbeda lain waktu. Jangan hanya memfokuskan diri pada kesalahan-kesalahan Anda.
  4. Ketika Anda meninggalkan pesan telepon untuk seseorang, ingat untuk menyertakan informasi tentang : siapa Anda, mengapa Anda menelepon/mencarinya, apa yang ingin Anda bicarakan, dan kappa dia bias menghubungi Anda. Dengan meninggalkan informasi seperti ini, kesempatan Anda untuk segera dihubungi oleh orang yang Anda cari menjadi lebih besar. Anda juga dapat meminta orang yang mencari Anda untuk meninggalkan informasi yang sama jika dia mencari / meninggalkan pesan telepon untuk Anda. Dengan demikian Anda dapat menelepon balik dengan cepat.
  5. Cobalah sisihkan waktu untuk membaca puisi. Puisi-puisi yang bagus dapat menumbuhkan keberanian, semangat, dan memperkaya jiwa.
  6. Apakah Anda membenci menghabiskan waktu hanya untuk berbelanja? Dalam buku catatan Anda, tuliskan daftar dari ukuran baju atau barang barang kesukaan teman atau orang-orang yang Anda cintai? Suatu saat ketika Anda menemui diskon belanja yang besar, Anda bisa menggunakan referensi dalam buku catatan tersebut untuk membeli sesuatu dan menyimpannya. Suatu saat, ketika Anda harus memberi mereka sebuah hadiah, Anda bisa memberi barang tersebut sebagai hadiah. Ada dua keuntungan disini; selain bisa menghemat waktu, Anda juga bisa menghemat uang!
  7. Apakah rak buku Anda sudah sangat penuh? Berikan pada teman-teman dan orang-orang yang Anda cintai beberapa buku yang Anda sukai tetapi tidak akan Anda baca lagi. Atau pikirkan untuk mendonasikan beberapa buku untuk keperluan amal atau sekolah. Meskipun demikian, ada beberapa buku yang harus tetap dijaga dan disimpan seperti teman lama.
  8. Jika Anda hanya memfokuskan pada pekerjaan yang menjadi prioritas utama pada setiap harinya, maka pekerjaan Anda akan berakhir lebih baik dan waktu Anda tidak akan terbuang percuma (biarkan pekerjaan kecil lain berlalu).
  9. “Berhentilah ketika Anda sedang panas-panasnya”, begitu nasihat Earnest Hemmingway. Kapanpun Anda bekerja, berhentilah pada posisi poin ketika Anda dalam posisi keberhasilan atau ketika bagian pekerjaan Anda telah selesai. Jangan berhenti di tengah-tengah pekerjaan Anda. Tentunya meninggalkan suatu tugas, ketika tugas tersebut selesai dilaksanakan akan membuat Anda lebih rileks di keesokan hari dibandingkan dengan meninggalkan tugas yang setengah selesai.
  10. Ketika Anda berkonsentrasi pada suatu pekerjaan, sementara Anda harus berhenti karena ada janji bertemu dengan seseorang, atau karena suatu perselaan penting lain, atau karena harus pulang, maka tuliskanlah untuk diri sendiri ”catatan tugas” yang harus Anda lakukan. Jangan membuang waktu sia-sia dengan memikirkan ”apa yang harus saya lakukan”, ketika Anda kembali melakukan tugas/pekerjaan Anda.

Bersambung ke Cara Cerdas Menggunakan Waktu (Bagian 5)

Baca Juga Cara Cerdas Menggunakan Waktu (Bagian 3)

M. Arief Maulana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: