Cara cerdas menggunakan waktu (Bagian 5)

  1. Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk membaca surat kabar dari halaman satu ke halaman lain, maka baca saja judul-judul berita dan kalau memungkinkan, paragraf pertama untuk berita yang menarik perhatian Anda. Jika Anda menerima laporan bisnis yang panjang, Anda tidak perlu membaca keseluruhan laporan, cukup kalimat pertama di setiap paragraf. Dengan demikian, setidaknya Anda mendapatkan poin-poin dari laporan tersebut.
  2. Untuk mendapatkan gaya hidup dan keterampilan yang ekselen, Anda harus bisa menggunakan waktu Anda untuk lebih banyak mengumpulkan pengalaman daripada benda-benda.
  3. Anda harusnya dapat memilah kapan harus meminta bantuan dan kapan dirasa tidak perlu. Anda tidak selamanya selalu biasamenyelesaikan masalah dan menemukan jawabannya sendiri. Jika Anda merasa tidak mampu menyelesaikan kesulitan, hematlah waktu dengan memanggil seorang ahli.
  4. Banyak orang membuang-buang waktu dengan terlalu banyak berbasa-basi. Anda dapat menghemat waktu jika Anda memulai sesuatu pembicaraan dengan langsung mengatakan tentang apa yang Anda inginkan dari mitra bicara Anda.
  5. Apakah Anda mengalami permasalahan dalam membuat suatu keputusan? Ingat keragu-raguan hanya membuang-buang waktu Anda. Ada beberapa trik untuk mengatasi hal ini. Pertama, dan yang paling bagus adalah membatasi pilihan-pilihan Anda. Tentunya akan lebih mudah dan tidak banyak membuang waktu untuk memilih, katakanlah, merah, dan biru, dibandingkan dengan harus memilih antara merah, biru, hijau, kuning, ungu, dan coklat. Kedua, daftar antara pro dan kontra untuk setiap pilihan. Pilih yang lebih banyak mengarah pada klasifikasi pro. Terakhir, tentukan jangka waktu dan pilih pilihan yang membutuhkan waktu paling efektif untuk mengerjakannya.
  6. Apakah Anda memiliki setumpuk kartu nama teman / kolega bisnis di meja kerja Anda, dan Anda seringkali kesulitan mengingat situasi ketika Anda bertemu dengan orang yang namanya ada dalam kartu nama? Inilah strategi yang lebih baik untuk digunakan. Ketika ada seseorang yang memberi Anda kartu nama, segera setelah menerimanya tuliskan dibelakang kartu dimana dan kapan Anda bertemu dengan orang ini dan apa yang didiskusikan. Dengan demikian Anda akan dengan cepat dapat mengingat situasi dimana Anda bertemu dengan orang tersebut.
  7. Jebakan waktu yang sering dialami oleh pemilik perusahaan kecil adalah terlanur mengataka ”ya” untuk melakukan bisnis tertentu, sementara dia tidak punya cukup waktu untuk melakukannya. Tentunya akan lebih bijak jika Anda mengambil nasi tidak melebihi kapasitas piring. Jika memang Anda tahu bahwa Anda tidak akan mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut, jangan ragu untuk mengatakan ”tidak”. Yakinlah dengan fokus pada suatu pekerjaan tertentu dan memuaskan pelanggan, Anda akan mendapatkan reputasi dan pekerjaan yang lebih baik.
  8. Jika Anda terlibat dalam suatu kecelakaan apakah dokumen penting seperti surat asuransi, nomor polisi, atau surat kendaraan ada bersama Anda? Pastikan surat-surat tersebut ada dalam dompet Anda setiap kali Anda berkendara.
  9. menggunakan waktu untuk berlatih adalah penggunaan waktu yang tepat. Mempelajari teknik bermain piano, berpidato, atau program komputer baru adalah hal yang sangat positif. Anda perlu mendisiplikan diri dengan berlatih dan terus berlatih untuk mendapatkan kemahiran. Ingat, perlombaan lari tidak dimenangkan oleh pelari yang dapat berlari dengan cepat, tetapi oleh mereka yang terus gigih berlari. Karena itu, teruslah berlatih.
  10. Terkadang waktu melamun adalah waktu yang berkualitas.  Kadang kita perlu membiarkan pikiran kita mengembara ke jalan-jalan yang sudah kita kenal dan yang belum kita kenal. Ketika pikiran kita mengembara, kita seringkali menemukan jawaban dari suatu permasalahan yang sedang kita hadapi, menemukan ide-ide baru, atau konsep-konsep spiritualitas.

Baca Juga Cara Cerdas Menggunakan Waktu (Bagian 4) & Tentang Manajemen Waktu

(M. Arief Maulana)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: